Cara Merubah Huruf Besar Menjadi Kecil

Cara cepat merubah huruf besar menjadi kecil atau sebaliknya pada Ms. Excel. Trik cepat ini biasanya digunakan ketika mengiolah data dalam jumlah yang banyak. Jika Anda membayangkan ketika telah selesai mengetik data di Excel dalam jumlah ribuan dengan menggunakan huruf besar atau kapital, sementara user atau Manager Anda ingin merubahnya dengan menggunakan huruf kecil, betapa lumayan Anda harus mengetikkan ulang data tersebut.

Di excel ada fasilitas cara merubah huruf besar menjadi kecil atau sebaliknya yaitu dengan menggunakan formula = PROPER(cell). Dengan formula tersebut maka data yang ada di suatu cell akan dirubah menjadi huruf kecil dan hanya huruf awalnya saja yang besar dari setiap kata.

Mari kita lihat contoh kasus excel berikut :


Dari gambar diatas tulisan nama yang menggunakan huruf kapital akan dirubah menjadi menggunakan huruf kecil. Bagaimana caranya? Anda cukup gunakan rumus di cell B1 dengan formula =proper(A1) kemudian tekan enter

Untuk nama yang dibawahnya Anda tidak usah menuliskan kembali rumus, Tinggal tarik ajah rumus tersebut ke bawah dan lihat hasilnya.


Dari gambar diatas jelas bahwa merubah huruf besar menjadi kecil bisa dilakukan di excel dengan cepat dan mudah tanpa harus mengetikkan kembali data yang sudah ada.

Demikian tulisan bagaimana cara merubah huruf besar menjadi kecil, semoga tulisan ini bermanfaat. dan tunggu tutorial serta trik excel selanjutnya.

0 Response to "Cara Merubah Huruf Besar Menjadi Kecil"

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler