Rumus Right-Len-Find-Substitute untuk Mencari Kata di Excel

Fungsi rumus teks untuk mengolah kata di Ms. Excel diantaranya adalah rumus yang akan dibahas pada posting kali ini. Rumus ini biasanya digunakan untuk mencari sebuah kata dengan menggunakan beberapa fungsi penggabungan rumus teks yaitu menggunakan rumus RIGHT, LEN, FIND, SUBSTITUTE.

Rumus untuk mencari kata terkahir pada sebuah cell di Ms. Excel menggunakan penggabungan beberapa rumus excel. Rumus yang digunakan terdiri dari 4 buah rumus antara lain :

Right

Len

Find

Substitute


Caranya sebagai berikut :
  1. Tulis nama lengkap di cell B2 dan nama terakhir di cell C2
  2. Kemudian tulis pula beberapa contoh nama lengkap seperti gambar berikut
  3. Pada cell C2 Anda tuliskan rumus  =RIGHT(B3,LEN(B3)-FIND("#",SUBSTITUTE(B3," ","#",LEN(B3)-LEN(SUBSTITUTE(B3," ","")))))

  4. Jika selesai tekan enter kemudian copykan rumus tersebut sampai di cell C5 dan silakan lihat hasilnya akan tampak seperti gambar berikut 


    Coba Anda perhatikan hasilnya, nama Ahmad Rustandi Subagyo memiliki nama trakhir Subagyo ini merupakan hasil dari rumus yang Anda tuliskan diatas. Cukup mudah bukan? semoga Anda bisa mengerjakan dan menyelesaikan masalah excel yang lebih rumit lagi dengan melihat contoh penggabungan rumus diatas.

    Untuk lebih memudahkan dalam belajar excel silakan download contoh dari rumus right, len, find, dan substitute berupa file excel.



    Demikian tutorial excel kali ini semoga bisa membantu.

4 Responses to "Rumus Right-Len-Find-Substitute untuk Mencari Kata di Excel"

  1. Tanda "#" dalam formula FIND("#",SUBSTITUTE(B3," ","#",LEN(B3)
    Maksudnya apa ya..?
    maaf masih belajar..
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda "#" dalam formula FIND("#",SUBSTITUTE(B3," ","#",LEN(B3)

      tanda "#" kita dapat mengganti dengan sesuka kita misalnya menjadi "$" atau "TELOLET". Ingat bahwa tanda yang diawali dengan "" artinya membuat sebuah kata tertentu dengan format text sehingga tidak dianggap formula rumus excel.

      Penjelasan rumus :
      find("TELOLET",subtitute(B3,"","TELOLET",LEN(B3))
      mencari kata telolet di dalam sebuah data yang ada di B3 dimana untuk batas akhir kata di data B3 digantikan menjadi telolet

      1. "" artinya batas terakhir karakter dari sebuah kata.
      2. LEN(B3) artinya panjang karakter di sebuah data B3
      3. SUBTITUTE(B3,"","TELOLET",LEN(B3)) artinya menggantikan karakter "" menjadi TELOLET yang berada di data B3. Format Formula dari SUBTITUTE yaitu : SUBTITUE(text,old text,new text,panjang text).
      4. Formula FIND yaitu FIND(text,di data text mana)

      Semoga bisa membantu.

      Hapus
  2. tutorial anda ini, sederhananya saya katakan sebagai sebuah tutorial yang tidak sepenuhnya tulus mengajarkan pembaca anda. Dalam setiap tutorial yang anda hasilkan, anda hanya menempatkan pembaca sebagai seorang operator yang tidak perlu memahami apa fungsi dan kejelasan dari tiap rumus yang ada.

    Anda hanya meminta pembaca untuk menyalin rumus anda dan voila, mereka bisa melakukan hal seperti yang anda ajarkan. Namun, pada dasarnya mereka tidak memahami rumus itu. Bila suatu ketika mereka dihadapkan pada kasus yang membutuhkan rumus seperti ini. Niscaya mereka hanya akan menyalin rumus anda tanpa bisa membuatnya sendiri.

    Saran saya, ajari pembaca anda dengan tulus. Jelaskan apa fungsi tiap rumus sehingga pembaca anda pada akhirnya bisa membuat rumus tersebut sendiri tanpa perlu repot-repot menyalin rumus yang anda berikan.

    Semoga berkenan.
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itulah yang namanya contoh pendidikan yang kita anut saat ini gan

      Hapus

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler