Cara Mengubah Tombol Enter Ke Samping

Tahukah Anda jika mengetik di Ms. Excel banyak menggunakan angka-angka? ya jelas karena excel ini memang program aplikasi pengolahan data angka dan menurut saya kecepatan mengetikkan data angka akan lebih cepat menggunakan tombol numerik yang berada pada sebelah kanan keyboard.

Pernahkah anda melihat seorang Kasir yang bertugas mengentri atau memasukan data kode pada sebuah perusahaan dagang misalnya Toserba/Swalayan. Kecepatan seorang kasih memang harus benar-benar cepat karena jika tidak maka jelas antrian pelanggan yang mau bayar barang belanjaannya akan sangat panjang. Coba Anda lihat begitu lihainya seorang kasih mengentri data kode barang, bagaimana jika Anda bekerja menggunakan enter untuk mengentri data angka yang banyak menggunakan data per record ke samping?

Kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran bagaimana merubah Enter yang tadinya jika ditekan pointer pada cell akan beralih ke bawah dan sekarang menjadi ke samping?

  1. Klik Office Button pada ujung kiri atas Ms. Excel 

  2. Klik Options Button lalu akan muncul jendela Options
  3. Pilih Advanced kemudian ganti direction dari down menjadi right
Selesai,
Silakan coba tekan enter pada lembar kerja excel Anda dan perhatikan hasilnya jika hasilnya setelah di enter posisi pointer ke bawah berarti Anda telah berhasil.
Selamat mencoba, Jika ada pertanyaan seputar trik excel ini silakan komentar dibawah

2 Responses to "Cara Mengubah Tombol Enter Ke Samping"

  1. bagaimana cara mengarahkan kursor misal dari cell a1 lgsung lompat ke c1 dengan menggunakan enter. jadi hanya cell a dan cell c saja kursor bekerja..mohon jawabannya terima kasih

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara mengatur lompatan kursor agar bisa kita batasi hanya pada beberapa kolom tertentu saja

    BalasHapus

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler