Merubah (Konversi) Tanggal Menjadi Nama Hari dengan Rumus TEXT

Exel-ID | Apakah anda pernah mengalami kendala ketika harus mengetikkan nama hari yang sesuai dengan kondisi tanggal. Anda harus menuliskan satu persatu dan tentunya melihat kalender yang sesuai apakah tanggal 1 Januari itu hari Senin atau hari lain. Hal ini tentunya akan mempersulit Anda ketika harus menyelesaikan ratusan tanggal yang harus dikonversi menjadi nama hari.

Pada materi kali ini saya akan mencoba menyelesaikan masalah hal tersebut, tentunya bukan cara manual yang akan saya pakai. Saya akan mencoba menggunakan rumus sederhana untuk mengkonversi (merubah) tanggal menjadi nama hari. Rumus yang akan saya pake adalah menggunakan rumus TEXT.

Syntax:
=Text(Value;"format_text")
contoh : =text(A1;"dddd")

Dari syntax diatas Anda bisa menyelesaikan permasalahan konversi tanggal menjadi nama hari. Mari kita coba contohkan dalam spreadsheet.


Contoh diatas dalah rumus untuk mengkonversi tanggal menjadi nama hari. Jadi Anda hanya tinggal menuliskan formula =TEXT(A2;"DDDD") hasilnya adalah hari Senin jika anda menarik rumus ke bawah hingga baris ke 14 maka secara otomatis nama hari akan mengikuti tanggal yang ada di sebelah kirinya. Silakan Anda coba cocokan dengan kalender yang ada di kantor anda apakah sesuai atau tidak. Jika tidak sesuai kemungkinan setting tanggal pada PC atau laptop Anda bermasalah atau bahkan CMOS pada CPU tidak berfungsi dengan baik.

Untuk format saya gunakan long date yaitu dengan format "DDDD") dan akan menghasilkan nama hari yang panjang tanpa disingkat.

Jika pada PC Anda hasilnya bukan nama hari berformat Bahasa Indonesia melainkan enggris berarti format Regional Setting anda harus dirubah terlebih dahulu dengan menggunakan format regional setting Indonesia. Anda juga harus memperhatikan antara koma dan titik koma dan hal ini juga tergantung oleh regional setting pada PC Anda.

Merubah tanggal menjadi nama hari ini saya kira sangat penting bagi Anda yang pernah menggeluti bidang akuntansi karena biasanya ada format tanggal dan ada juga format hari pada laporan keuangan Anda.

Demikian semoga bermanfaat.

4 Responses to "Merubah (Konversi) Tanggal Menjadi Nama Hari dengan Rumus TEXT"

  1. saya mau mengganti hari minggu jadi Ahad, bisa gx gan

    BalasHapus
  2. saya mau mengganti hari minggu jadi Ahad, bisa gx gan

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. pakai rumus ini:
    =CHOOSE(WEEKDAY(E14); "Ahad"; "Senin"; "Selasa"; "Rabu"; "Kamis"; "Jum,at"; "Sabtu")

    BalasHapus

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler