Cara Membuat Backup Data Worksheet dengan VBA pada Ms. Excel

Luar biasa sekali ya, ternyata VBA bisa membuat backup data dimana data yang dibackup dapat berupa worksheet yang mungkin membuatuhkan pengamanan data. Biasanya membuat backup data ini diaplikasikan dengan pembuatan aplikasi berbasis VBA. Kenapa harus dibuat backup data?

Tentu saja seorang programmer yang telah mendesain aplikasi tersebut tidak ingin data yang dientri oleh user akan hilang atau terjadi error pada aplikasinya. Fasilitas backup data ini dibuat karena memang ada beberapa programmer yang membuat aplikasi berbasis VBA Ms. Excel dimana user tidak bisa melihat worksheet tempat data tersimpan dan tentunya hal ini juga harus difasilitasi dengan backup.

Contoh berikut adalah backup worksheet dan lihat screenshoot dari backup data berikut ini


Dari gambar diatas tentunya kita membutuhkan 1 buah label, satu buah textbox dan satu buah commandbutton. Saya kira untuk membuat ketiga object tersebut sudah bisa dilakukan dan langkah berikutnya kita akan membuat coding untuk masing-masing object tersebut.

Buat coding untuk Backup

Sub Backup()
    Dim NamaFile As String

    Sheets("Database").Copy
    With Sheets("Database").UsedRange
        .Copy
        .PasteSpecial xlValues
        .PasteSpecial xlFormats
    End With
    Application.CutCopyMode = False

    NamaFile = "D:\" & TextBox1.Value & "\" & "Backup-" & Format(Range("A1"), "DDMMyyyy") & ".xlsm"
    ActiveWorkbook.SaveAs Filename:=NamaFile, _
                          FileFormat:=xlOpenXMLWorkbookMacroEnabled
Application.ActiveWorkbook.Close
MsgBox "Backup Berhasil, " & "Silakan lihat di: " & NamaFile, vbInformation, "Info"
End Sub

Langkah selanjutnya jika sudah membuat satu buah coding backup tersebut sekarang silakan double klik CommandButton1 dan ketikkan script berikut

Private Sub CommandButton1_Click()
On Error Resume Next
Dim NamaFolder As String
If TextBox1.Value = "" Then
MsgBox "Silakan buat Nama Folder untuk Backup", vbInformation, "Info"
TextBox1.SetFocus
Else

NamaFolder = "D:\" & TextBox1.Value & "\"
If Dir("D:\" & TextBox1.Value & "\" & client) = Empty Then
    MkDir "D:\" & TextBox1.Value & "\" & client
    MsgBox "Folder: " & TextBox1.Value & " berhasil dibuat", vbInformation, "Info"
End If
Backup
End If
End Sub

Coding diatas akan membuat sebuah direktori atau folder sebagai tempat untuk menyimpan hasil backup dan folder tersebut bisa kita rubah dengan memasukan nama folder di textbox1 dan jika folder berhasil dibuat maka muncul informasi bahwa "Folder berhasil dibuat" dan nama folder sesuai dengan yang diketikan pada textbox1 tersebut.

Langkah berikutnya kita akan membuat prosedur dimana textbox1 berubah dan berikut codingnya

Private Sub TextBox1_Change()
Sheets("database").Range("B2").Value = TextBox1.Value
End Sub
Agar ketika userform aktive nama folder bisa disesuaikan dengan dafault kita maka silakan buat prosedur ketika userform active

Private Sub UserForm_Activate()
On Error Resume Next
TextBox1.Value = "MasterBackup"
End Sub
Kita buat lagi satu buah coding untuk userform ketika bagaimana close userform maka muncul pesan dan silakan tulis coding berikut

Private Sub UserForm_QueryClose(Cancel As Integer, CloseMode As Integer)
MsgBox "Backup dibatalkan", vbInformation, "Info"
End Sub
Ok, daripada bingung mikirin coding silakan copy paste saja coding diatas kemudian silakan coba saja dan jika berhasil maka backup data worksheet database akan tersimpan pada folder yang telah dibuat tersebut.

Selamat mencoba, semoga Cara Membuat Backup Data Worksheet dengan VBA


0 Response to "Cara Membuat Backup Data Worksheet dengan VBA pada Ms. Excel"

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler