Tutorial ini tentunya akan mempermudah dan mempersingkat waktu pekerjaan Anda ketika bekerja dengan menggunakan Ms. Excel karena hanya satu kali klik saja beberapa worksheet yang dipilih akan dicopykan ke workbook baru. Hal ini sebenarnya hampir sama dengan membuat backup data worksheet.
Kok bisa hanya dengan satu klik data beberapa sheet akan dicopykan secara otomatis dan menyimpannya juga tanpa mengetikkan nama filenya? Tentu saja karena hal ini sedikit kita gunakan coding VBA sebagai alat bantu untuk membuatnya.
Silakan simak:
Cara Membuat Backup Worksheet dengan VBA
Bagaimana Copy Worksheet ke Workbook Baru dan Close dengan VBA?
Langkah pertama tentunya Anda harus memiliki data yang akan pada worksheet yang akan dicopy, jelas bagaimana tidak jika tidak ada datanya apa yang dicopynya? Minimal Anda harus memiliki beberapa worksheet misalnya saya disini memiliki 5 buah worksheet dengan nama sebagai berikut :Worksheet1
Worksheet2
Worksheet3
Worksheet4
Worksheet5
Lebih jelasnya silakan lihat gambar berikut ini
Lihatlah ada 5 buah worksheet pada gambar diatas dan kita akan copykan 3 buah worksheet yaitu Sheet1, Sheet3 dan Sheet4 secara array melalui UserForm.
Karena kita akan membuat tombol dan mengcopykan worksheet tersebut melalui UserForm maka kita harus membuat 1 buah UserForm melalui VBA Editor silakan tekan ALT+F11 kemudian sisipkan 1 buah UserForm dan tambahkan pula 1 buah CommandButton
Setelah dua buat object tersebut dibuat langkah berikutnya kita membuat coding agar perintah tombol tersebut bisa berjalan sesuai dengan keinginan Anda bisa mengganti Caption dari CommandButton tersebut dengan "Copykan" Lalu bagaimana cara mengganti Caption tersebut silakan Anda lihat pada Properties yang berada di sebelah kiri VBA Editor kemudian silakan double clik CommandButton tersebut lalu tuliskan coding berikut
Private Sub CommandButton1_Click()Jika sudah selesai mengetiikan coding VBA diatas silakan Anda simpan file tersebut dan jangan lupa pilih type penyimpanan dengan memilih Excel Macro-Enable Workbook
'Mendefinisikan Worksheet
Dim LembarKerja As Worksheet
ThisWorkbook.Sheets(Array("Sheet1", "Sheet3", "Sheet4")).Copy
For Each LembarKerja In Worksheets
Cells.Copy
Cells.PasteSpecial xlPasteValues
Range("A1").Select
Next LembarKerja
Application.DisplayAlerts = False
'Coding ini untuk lokasi penyimpanan nama file
With ActiveWorkbook
.SaveAs ThisWorkbook.Path & "\Data Backup.xls", xlNormal
'File hasil disimpan di ditutup
.Close SaveChanges:=True
End With
'Pesan untuk memberikan informasi penyimpanan berhasil
MsgBox "Data Berhasil Di Copy, Lokasi penyimpanan sama", 64, "Informasi"
Application.CutCopyMode = False
Application.DisplayAlerts = True
And Sub
Setelah itu silakan coba Run atau jalankan dengan menekan ttombol F5 dan silakan Anda klik tombol Copykan maka secara otomatis akan muncul pesan " Data Berhasil Di Copy, Lokasi penyimpanan sama" dan lihat hasilnya pada tempat penyimpanan lokasi file tersebut disimpan
Dan hasilnya file Backup akan berdampingan dengan file tersebut
Perhatikan gambar yang ditunjukan oleh anak panah warna merah tersebut dan berhasil silakan buka file Data Backup maka hasilnya adalah Sheet1, Sheet3 dan Sheet4 akan dicopy.
Demikian tutorial singkat ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Jangan lupa Baca:
Dasar-Dasar Copy Paste Excel dengan VBA
0 Response to "Copy Worksheet ke Workbook Baru dan Close Melalui UserForm dengan VBA"
Posting Komentar
Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler