Mencari Jumlah dengan Kriteria Tertentu Mengunakan SUM dan COUNTIFS Berikut Contohnya

Halo Sabagat Excel-id, selamat sore dan semoga Anda masih tetap belajar Ms. Excel. Kali ini saya akan membahas bagaimana kolaborasi penggabungan antara rumus SUM dengan COUNTIFS? Seperti yang telah diketahui bersama bahwa rumus SUM digunakan untuk menjumlahkan sedangkan rumus COUNTIFS digunakan untuk menghitung dengan kriteria.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba bagaimana cara menggabungkan kedua rumus tersebut dan untuk apa fungsinya?. Mari saya jelaskan sebenarnya Anda bisa mencari data dengan rumus COUNT saja juga sudah bisa menghitungnya namun disini saya gunakan COUNTIFS karena data yang akan dihitung bukan hanya satu kriteria. namun ada 2 kriteria. Anda juga bisa menghitung lebih dari 2 kriteria untuk penjumlahan unik tersebut.

Simak juga :
Rumus SUM dan SUMIFS

Syntax Penulisan rumus adalah :
=SUM(COUNTIFS(D4:D10;{"Kriteria1";"Kriteria2";"Kriteria3"}))

Mari saya contohkan berupa skrinshut Excel berikut ini


Perharikan tabel contoh diatas ! Saya menyelesaikan rumus di cell H3 untuk mencari berapa jumlah data terealisasi? maka saya tuliskan rumus atau formulanya adalah

=SUM(COUNTIFS(D4:D10;{"Terealisasi"}))

Untuk rumus di cell H4 yang digunakan mencari jumlah dengan kriteria Belum, maka saya tuliskan rumus :

=SUM(COUNTIFS(D4:D10;{"Belum"}))

Sedangkan untuk mencari rumus berapa jumlah Terealisasi dan berapa jumlah yang belum terealisasi maka saya tuliskan rumus

=SUM(COUNTIFS(D4:D10;{"Terealisasi";"Belum"}))

Sebenarnya dalam kasus contoh diatas Anda bisa cukup menuliskan rumus SUM(H3:H4) itu sudah bisa menghasilkan angka 7 namun apabila data terealisasi dan data yang belum tidak dicantumkan maka Anda tidak bisa menggunakan rumus SUM tersebut melainkan harus menggunakan rumus penggabungan antar aSUM dengan COUNTIFS seperti contoh diatas.

Baca :
Contoh Rumus SUMPRODUCT
Oke, itulah cara menggabungkan rumus SUM dengan COUNTIFS untuk mencari jumlah data berdasarkan kriteria tertentu, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Mencari Jumlah dengan Kriteria Tertentu Mengunakan SUM dan COUNTIFS Berikut Contohnya"

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler