Cara Membuat Titimangsa Otomatis di Excel dengan Menggunakan Rumus

Hallo sahabat Excel-ID.com senang sekali saya masih bisa berbagi pengalaman seputar rumus Excel. Pada kesempatan kali ini saya tentunya akan terus update artikel dan mudah-mudahan setiap harinya ada penambahan artikel baru mengenai rumus excel ini.



Pada kesempatan kali ini saya akan bahas bagaimana cara membuat titimangsa otomatis sesuai tanggal yang belaku saat ini dan tentunya sesuai dengan tanggal yang ada di PC. Untuk membuat hal tersebut tentunya bukanlah hal yang sulit karena saya disini menggunakan rumus fungsi Date. Nah lagi-lagi masih rumus sederhana dan sudah tidak asing lagi yaitu rumus fungsi tanggal dan waktu (Date). Rumus fungsi ini memang sering sekali saya gunakan untuk kebutuhan hal-hal dalam pekerjaan saya sendiri.

Baca :
Bagaimana menghitung selisih jam untuk lebur gaji karyawan

Membuat titimangsa secara otomatis digunakan agar Anda lebih cepat dalam bekerja dan tidak selalu menuliskan tanggal ketika dibutuhkan dengan format yang sama. Bukankah kemungkinan akan lebih besar kesalahan jika menuliskan tanggal setiap kali dan dilakukan secara berulang-ulang? Nah cara ini memang cukup efektif dan efisien artinya waktu yang digunakan untuk Anda bekerja akan lebih cepat dibandingkan dengan menuliskan titimangsa setiap saat.

Rumus yang digunakan adalah
="Majalengka"&", "&TEXT(TODAY();"dd mmmm yyyy")

Nah, rumus diatas akan menghasilkan tulisan "Majalengka, 13 Juli 2017" coba perhatikan dan pahami rumus yang telah saya tuliskan diatas.

Ada kata "Majalengka" ini menunjukan tempat dimana didalam rumus excel bahwa kata atau kalimat yang akan digabungkan dengan rumus tentunya harus diapit dengan tanda kutif kemudian berikutnya adalah saya tambahkan karakter "&" itu artinya adalah bahwa kata Majalengka akan ditambahkan dengan fungsi rumus date time. Jika Anda mengetikkan rumus TODAY() maka Ms. Excel secara otomatis akan menampilkan tanggal sekarang dan biasanya format yang dihasilan secara lengkap

Sedangkan disini saya tambahkan format tampilan dari tanggal dengan fungsi TEXT yaitu "dd mmmm yyyy" dan hasilnya adalah 13 Juli 2017.

Oke, gampang kan sekarang coba Anda latihan membuat titimangsa menggunakan rumus yang seperti dicontohkan diatas semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Titimangsa Otomatis di Excel dengan Menggunakan Rumus"

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler