Cara Menghitung Data Range dengan Lebih Dari Dua Kriteria

Jika Anda sedang mengerjakan sebuah pekerjaan dengan menggunakan Ms. Excel dan akan menghitung data dengan berbagai kriteria maka artikel ini mudah-mudahan bisa bermanfaat buat kalian. Rekap data dengan kriteria memang sering kita butuhkan karena jelas sebuah rekap data akan selalu ada dalam pengolahan data terutama dalam sebuah laporan.

Untuk merekap dan menghitung data jika menggunakan satu kriteria saja Anda bisa menggunakan fungsi COUNTIF karena rumus ini bisa menghitung data cell yang memiliki kriteria namun hanya satu kriteria saja, tetapi jika Anda akan menghitung lebih dari satu kriteria (banyak) maka Anda bisa menggunakan fungsi atau rumus COUNTIFS. Dari penulisan saja sudah jelas berbeda karena yang satu formulanya tanpa S dan yang kedua dengan S.

Syntax penulisan rumus COUNTIFS sangat sederhana dan mudah dipahami dan jika kita lihat syntax nya adalah
=COUNTIFS(Criteria_range1;Criteria1;Creiteria_Range2;Criteria2)

Nah dari syntax tersebut kita bisa menghitung data yang ada pada range dengan banyak kriteria, untuk lebih jelasnya silakan lihat video tutorial berikut ini




Anda juga bisa memberi tanda pada data yang memiliki criteria yang sama sesuai formula yang dimasukan.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menghitung Data Range dengan Lebih Dari Dua Kriteria"

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler