Cara Menggabungkan 2 kolom atau lebih dengan menggunakan rumus

Hai sahabat Excel-ID, udah lama ga posting artikel lagi. berhubung project di youtube banyak banget jadi di blog excel ini jarang sekali update dan mudah-mudahan kedepan saya akan terus update tutorial excel di blog ini.

Ada beberapa kasus yang pernah saya alami ketika ingin menggabungkan data dari dua kolom tabel yang berbeda secara dinamis dan tentunya kalau copy dan paste ini akan lebih mudah namun tidak dinamis artinya akan dilakukan pengulangan copy paste kembali jika ada data yang ditambahkan. Untuk itu saya coba akan menggunakan rumus excel pada kasus ini.

Oke misalnya saya memiliki tabel kaya gini

Nah tabel diatas terdiri dari dua kolom yaitu kolom B dan kolom C kita akan menggabungkannya di kolom E dengan kondisi apabila di kolom B pada baris terakhir sudah tidak ada data maka akan dilanjutkan ke kolom C untuk mengisi data pada baris berikutnya.

Formula atau rumus ini memang agak panjang namun jika kita memahami algoritma dari setiap rumus atau lebih dikenal dengan syntax maka tidaklah sulit seperti yang kita bayangkan jadi langsung ajah silakan tuliskan rumus di kolom E tepatnya di cell E3, namun sebelumnya kamu harus membuat name range terlebih dahulu dan cara membuat name range udah pernah saya bahas di artikel sebelumnya. Jika kalian lupa kembali silakan blok saja range B3:B100 kemudian pada kotak name range tuliskan DATA1 kemudian enter dan untuk name range DATA2 silakan blok data C3:C100 kemudian pada kotak name range tuliskan DATA2 terus enter.

Jika Name range sudah dibuat silakan tuliskan rumus dibawah ini  pada cell E3

=IFERROR(INDEX(DATA1; SMALL(IF(ISBLANK(DATA1); ""; ROW(DATA1)-MIN(ROW(DATA1))+1); ROW(B2)));IFERROR(INDEX(DATA2; SMALL(IF(ISBLANK(DATA2); ""; ROW(DATA2)-MIN(ROW(DATA2))+1);ROW(B2)-SUMPRODUCT(--NOT((ISBLANK(DATA1)))))); ""))

Lalu silakan Anda tekan CSE atau tekan secara bersamaan tombol pada keyboar CTRL+SHIFT+ENTER maka hasilnya akan diperoleh nama  pada baris DATA1 yaitu :SALMA FAUZIYAH selanjutnya untuk menuliskan nama berikutnya di baris kedua dan seterusnya silakan tarik ajah formulanya ke bawah sehingga akan menghasilkan semua data yang ada di DATA1 dan DATA2


Nah kaya tabel diatas hasilnya akan dibuatkan sesuai dengan data yang ada pada kolom DATA1 dan dilanjutkan nama yang ada di kolom DATA2 secara berurutan.


0 Response to "Cara Menggabungkan 2 kolom atau lebih dengan menggunakan rumus"

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler