Cara Menjumlahkan SUBTOTAL dengan SUMIF

Excel-id.com # Berbagai kendala yang dialami ketika Anda menggunakan Ms. Excel baik itu di kantor maupun Anda sebagai mahasiswa yang mengerjakan tugas, ya karena Excel memang kompleks untuk menyelesaikan perhitungan angka dibanding dengan program lainnya.

Kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara menjumlahkan total dan subtotal dalam sebuah database penjumalan berdasarkan umur. Cara ini saya menggunakan dengan rumus SUMIF artinya rumus ini akan menjumlahkan dengan kondisi tertentu dan dalam hal ini bisa dikatakan menjumlahkan subtotal.

Rumus SUMIF juga sudah pernah saya bahas sebelumnya di blog excel ini jika Anda lupa silakan bisa baca-baca

Cara Menggunakan Rumus SUMIF disertai contoh

Untuk menyelesaikan atau mencari subtotal saya memiliki sebuah contoh tabel database penjualan disertai dengan umur sebagai berikut :


Saya akan menjumlahkan pendapatan yang dengan kriteria kurang atau sama dengan umur 25 (<=25) dan menjumlahkan data dengan umur yang memiliki usia lebih besar dari 25 (>25)

Jika kita hitung manual tentunya hal ini akan menghabiskan waktu yang cukup lama Anda harus memilih satu per satu data yang sesuai dengan kriteria diatas dan menjumlahkan kembali, namun dengan menggunakan rumus SUMIF maka hal ini sudah tidak akan menjadi masalah lagi.

Baca:
Penjumlahan dengan Kelompok Data pada Excel

Ok, langsung saja untuk menjumlahkan total Anda silakan ketikkan rumus pada cell F21 =SUM(F5:F20) maka hasilnya adalah 3.398.000

Lalu bagaimana jika saya akan menjumlahkan subtotal dengan kondisi atau kriteria <=25? Silakan tuliskan atau ketikkan rumus =SUMIF(E5:E19;H5;F5:F19) maka hasilnya adalah 1.858.000 lalu jika Anda akan menjumlahkan berapa total pendapatan untuk yang memiliki usia lebih atau diatas 25 tahun?

Silakan tuliskan rumus =SUMIF(E5:E19;H6;F5:F19) maka hasilnya adalah 1.540.000

Untuk memudahkan membaca rumus sebenarnya Anda bisa memberi nama range terlebih dahulu agar ketika penulisan rumus akan lebih mudah dipahami. Untuk cara memberi nama range juga sudah pernah saya bahas sebelumnya silakan lihat-lihat kembali ya.

Jika Anda telah mengganti dengan namarange yang disesuaikan dengan keinginan Anda maka saya bisa contohkan rumus berubah menjadi

=SUMIF(umur;H5;pendapatan)

Oke, saya kira cukup sederhana dan mudah bagaimana cara membuat jumlah sub total menggunakan rumus SUMIF semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menjumlahkan SUBTOTAL dengan SUMIF"

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler